Popular posts

Labels

tt On Kamis, 23 Februari 2012


Hasil survei: gaji karyawan perusahaan apa yang paling tinggi. Dari daftar gaji yang diterbitkan oleh PayScale, dari sekian banyak perusahaan di bidang teknologi di negara Amerika Serikat, gaji karyawan yang paling besar diterima oleh karyawan perusahaan Google, disusul oleh Microsoft. Sedangkan untuk kategori kepuasan bekerja, karyawan Facebook termasuk pada golongan yang stres.
PayScale adalah lembaga survei yang mengkhususkan diri untuk mendata berapa besar gaji karyawan perusahaan dan tingkat kepuasan mereka dalam bekerja. Beberapa hari lalu mereka menerbitkan hasil survei yang paling baru mengenai daftar gaji yang diterima perusahaan-perusahaan khusus di bidang teknologi.
Selama ini sudah sering terlihat di situs-situs Internet, baik berupa foto atau video, betapa santainya suasana kerja karyawan Google di kantor pusat mereka yang diberi nama Googleplex. Selain mendapat gaji bulanan yang besar, para karyawan “Mbah Gugel” juga diberi jatah makan gratis mulai sarapan pagi sampai pulang kantor. Ada klinik dan dokter, ruangan bermain bagi karyawan yang membawa anak-anak mereka dari rumah, dan bahkan karyawan diperbolehkan membawa anjing peliharaan mereka ke kantor. Dulu gedung kantor di atas areal 47,038 m² itu dibeli seharga Rp3 triliun. Total jumlah karyawan Google di seluruh dunia mencapai angka 26.000 orang, sebagian besar bekerja di kantor pusat di California, Amerika Serikat. Googleplex adalah kantor paling asyik, paling santai, dan yang paling menyenangkan. Mereka tidak punya seragam khusus, kebanyakan memakai jins dan kaus.

Survei daftar gaji tertinggi: karyawan perusahaan Google

Menurut data paling baru PayScale, rata-rata karyawan Google menerima gaji sebesar $141,000 atau Rp1,2 miliar pertahun, atau sama dengan Rp100 juta perbulan. Untuk bos-bos Google dengan level jabatan yang lebih tinggi, jumlah angkanya jauh lebih besar.
Ini merupakan gaji karyawan yang paling besar di Amerika Serikat dan juga Inggris. Sebagai perbandingan, karyawan Inggris rata-rata cuma menerima gaji Rp219 juta pertahun.
Survei dilakukan terhadap karyawan perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi, seperti Facebook, Apple, Amazon, Dell, Google, IBM, Hewlett Packard, Microsoft, dan Intel.
Setelah Google, gaji terbesar kedua diterima oleh karyawan Microsoft milik Bill Gates, yakni sebesar $127,000 pertahun.
Untuk kategori tingkat kepuasan karyawan, survei itu menemukan bahwa karyawan perusahaan Facebook sebagai yang paling stres. Kata Dr. Al Lee, salah satu direktur PayScale: “Dengan CEO yang masih sangat muda, berusia 27 tahun, wajar apabila karyawan Facebook bekerja dalam suasana yang agak tertekan.”

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments