Popular posts

Labels

tt On Kamis, 23 Februari 2012


Google Plus … G+ … produk Google memang plus-plus

Sejarah Google Inc., mesin pencari terbaik di Internet, dan produk-produk Google yang umumnya gratis. Di halaman khusus ini tersedia penjelasan ringkas dan tautan (link) ke semua produk Google.
Tahukah anda bahwa produk Google sangat banyak, bukan hanya mesin pencari, dan hampir semuanya bisa kita pergunakan secara gratis? Bacalah tulisan ini.
Pada mulanya adalah software mesin pencari yang diciptakan di garasi mobil oleh dua mahasiswa; kemudian Google menerima iklan; membeli situs-situs seperti Youtube seharga triliunan; lalu dalam hitungan beberapa tahun menjelma menjadi perusahaan raksasa Internet. Asset “G Besar” konon mampu membeli sebuah negara kecil.
Jumlah mesin pencari di Internet sebenarnya banyak, berkisar 100 situs (daftar mesin pencari), tapi Google adalah yang paling banyak dipakai, disusul Yahoo Search, Bing, Ask, Altavista (10 mesin pencari terbesar.)

Video sejarah Google ‘si G Besar’

Sumber video The Google StoryYoutube
Secara resmi didaftarkan menjadi perusahaan multi-nasional Google Inc. pada 4 September 1998 di Amerika Serikat. Pendirinya dua orang mahasiswa Stanford Universitykelahiran tahun yang sama, 1973: Larry Page (berdarah Yahudi) dan Sergey Brin (berdarah Rusia).
Pada tahun 1996 mereka mulai menciptakan software mesin pencari Internet yang diberi nama BackRub, sebelum kemudian dipatenkan sebagai Google. Logo pertama Google memakai tanda seru berwarna biru di akhir kata “Google!”
Sebelum membeli alamat domain sendiri, google.com, pada awalnya Google menumpang di situs kampus mereka: google.stanford.edu.
Modal pertama kedua mahasiswa ini untuk mengerjakan Google adalah $100 ribu, sumbangan dari Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems.
Pada tahun 1999 keduanya sempat putus asa dan hendak menjual Google, karena waktu mereka sangat tersita sehingga urusan studi di kampus jadi terbengkalai. Mereka menemui pengusaha George Bell dan menawarkan Google dengan harga $1 juta, tapi ditolak. Beberapa bulan kemudian mereka mendapat suntikan dana $25 juta dari sejumlah investor.
Pengamat Internet sering mengatakan bahwa Google ingin mendominasi atau menguasai Internet secara total. Beberapa contoh disebutkan. Google membeli situs-situs populer seperti Blogspot.com, Feedburner.com, Youtube.com, dll. Baru-baru ini juga sempat menawar Facebook.com tapi tidak berhasil. Yang pasti: Google tidak akan pernah membeli website dewasa alias situs esek-esek.
Saya memprediksi, G Besar akan berupaya membeli WordPress.com, karena situs multi-blog itu sudah mengalahkan pamor Blogspot.com. Mungkin juga akan membeli Twitter, situs sosial-media terbesar kedua setelah Facebook.

Fakta-fakta unik tentang Google alias G Besar

  • Kata Google pada awalnya adalah “Googol” — istilah matematika untuk “angka 1 diikuti dengan 100 angka nol.” Saking populernya, kini orang bule menyebut googling dengan maksud “mencari informasi lewat mesin Google di Internet.” Kata “googling” sudah resmi masuk dalam kamus bahasa Inggris Webster’s Dictionary.
  • Slogan tidak resmi Google yang pertama kali diungkapkan seorang karyawannya dan terus diingat sampai hari ini:Don’t be evil (jangan menjadi setan). Kata itu kemudian menjadi item No.6 dari sepuluh filosofi Google: “Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan kejahatan.”
  • Homepage atau halaman depan situs Google yang didominasi halaman putih-kosong, selain logo Google, telah dipatenkan. Bila ada situs yang meniru desain “halaman putih” itu, bisa diperkarakan secara hukum.
  • Google Dance bukanlah “Google berjoget.” Istilah ini muncul untuk menggambarkan naik-turunnya ranking sebuah situs di halaman pencarian Google Search.
  • Google Panda juga bukan kembaran film Kungfu Panda. Ini adalah rumus algoritma yang diciptakan Google, dengan sekitar 200 variabel, untuk menilai kualitas sebuah situs. Salah satu tugas Google Panda adalah untuk menaikkan/ menurunkan ranking situs bahkan menghilangkan situs-situs dari halaman indeks Google apabila konten situs itu dicuri, dijiplak, dikopi-paste secara utuh, atau melanggar hak-cipta. Sejak awal Google mengatakan bahwa robot pengindeksnya sangat menyukai konten orisinal, dan anti terhadap plagiarisme.
  • Google April Fools’ Day. Masyarakat USA setiap 1 April merayakan Hari April Fools, misalnya dengan cara menyampaikan kabar bohong kepada teman sehingga mereka kaget bukan-kepalang, tujuannya semata-mata untuk menghibur dan melucu. Mesin pencari Google sejak tahun 2000 menciptakan versi April Fools sendiri, misalnya dengan mengumumkan hal-hal baru mengenai produk-produknya yang sebenarnya adalah bohong belaka.
  • Banyak pengguna Internet yang fanatik dengan Google. Mereka baru-baru ini menciptakan agama baru Google (klik untuk membaca alasan mereka menuhankan Google dan juga Sepuluh Hukum Taurat Versi Agama Google). Baca juga tulisan terkait: Semoga Tuhan memberkati Internet.

Berapa keuntungan perusahaan Google Inc.

Sebagai gambaran, penghasilan Google untuk tahun 2010, dalam dollar USA:
  • Revenue: 29,321 miliar
  • Operating income: 10,381 miliar
  • Profit: 8,505 miliar
  • Total assets: 57,851 miliar
Catatan: tanda koma dibaca sebagai koma, karena telah saya ganti dari tanda titik pada penulisan nilai uang dollar USA.
Kedua orang pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin, pada tahun 2011 ditaksir memiliki kekayaan pribadi masing-masing sebesar 19,8 miliar dollar atau ratusan triliun rupiah.
Google membentuk The Google Foundation, organisasi sosial yang mengelola sumbangan-sumbangan dana dari Google Inc.

Video kantor Google, Googleplex: boleh bawa anjing ke kantor

Sumber video: Youtube
Google memiliki beberapa gedung kantor di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Kantor pusat Google diberi nama Googleplex, pelesetan dari kata Google Complex, di Kota California. Gedungnya luar biasa besar, dibangun di atas areal 47.038 m² dengan total biaya sekitar Rp3 triliun.
Kantor Google adalah kantor yang paling asyik di dunia. Puluhan ribu karyawannya bekerja tanpa seragam, hanya memakai jins dan kaus, serta tidak perlu apel-pagi apalagi kewajiban berdoa di halaman kantor. Gaji stafnya satu bulan setara dengan gaji PNS Indonesia yang diterima selama dua tahun. Dapat jatah sarapan pagi, makan siang, dan makan malam gratis di kafetaria bermenu komplet nan bergizi. Ada jasa tukang salon rambut, tukang pijat profesional, dan montir servis ponsel bagi karyawan yang membutuhkan. Semuanya itu dibayar kantor. Karyawan Google diizinkan membawa anak-anak mereka, bahkan anjing kesayangan, ke kantor Googleplex.
Prinsip kerja di kantor Google: “Anda dapat bekerja serius tanpa harus mengenakan seragam. Bekerja itu seharusnya menantang, dan tantangan itu seharusnya menyenangkan.”
Baca tulisan menarik: Berapa gaji karyawan Google?

Produk Google: gratis dan terbaik, online dan offline

Produk utama Google adalah mesin pencari dan periklanan (advertising). Kemudian berkembang ke pembuatan software, baik untuk digunakan secara online melalui sambungan Internet seperti Google Earth (untuk melihat peta bumi dari satelit) maupun software gratis yang bisa diinstall ke komputer seperti aplikasi pengolah foto Picasa.
1. Mesin pencari Google Search. Inilah nenek moyang, leluhur, induk Google Inc. Mesin pencari G Besar pada awalnya hanya google.com, tapi sekarang telah dibuat ratusan versi bahasa dunia, antara lain Google Indonesia. Secara total mesin pencari Google memiliki 180 versi domain name atau nama domain atau alamat website, seperti google.co.id (Indonesia) dan google.ae (Uni Emirat Arab). Selengkapnya: List of Google Domains.
2. YouTube. Dibeli oleh Google tahun 2006 seharga $1,65 miliar setelah mengalahkan tawaran Yahoo (menurut berita msnbc). Youtube adalah situs video terbesar, dua miliar kali dilihat setiap hari, lebih banyak dari jumlah penonton siaran televisi mana pun.
3. GMail. Inilah email gratis yang sangat saya sukai. Saya mulai memakainya tahun 2004, satu-dua minggu setelah Gmail resmi dibuka untuk publik. Saat itu untuk mendaftarkan akun Gmail harus melalui konfirmasi lewat nomor handphone. Dalam banyak hal, Gmail lebih unggul daripada Yahoo Mail.
  • Lebih cepat karena iklan di dalamnya hanya berbentuk teks, tidak seperti email Yahoo yang memiliki iklan gambar bahkan animasi flash.
  • Kapasitasnya besar, lebih dari 7 GB, jadi kita tidak perlu menghapus email masuk maupun email keluar. Bahkan banyak orang yang memanfaatkan Gmail sebagai tempat penyimpanan file-file penting.
  • Teknologi anti-spamnya sangat ampuh untuk memblokir surat-surat sampah.
  • Bisa dipakai mengirim pesan pendek (sms) ke nomor handphone, termasuk ke nomor Telkomsel, dan lagi-lagi gratis.
4. Google Talk. Atau GTalk, atau Google Chat. Software ini gratis, silakan pasang ke komputer anda. Fungsinya untuk melakukan chatting dengan sesama pemilik akun Gmail, seperti halnya Yahoo Messenger (YM) untuk sesama pemilik akun Yahoo. Bagi saya, GTalk lebih cepat ketimbang YM, karena tidak muncul iklan-iklan flash seperti pada YM.
5. Chrome (browser). Software gratis untuk menjelajah situs-situs di Internet. Chrome lebih cepat daripada Mozilla Firefoxyang terkenal dan juga cepat. Kalau hanya sekadar browsing, membaca-baca situs, saya memakai Chrome. Firefox baru akan saya pakai untuk bekerja.
Klik gambar di bawah ini untuk mengunduh (download) Google Chrome ke komputer anda.
Download Google Chrome
6. Picasa. Setelah aplikasi gratis dari Google ini muncul, saya berhenti memakai ACDSee yang berbayar. Picasa adalah software pengolah foto. Salah satu fiturnya yang sangat saya sukai: bisa mendeteksi wajah orang.
Misalnya anda menamai sebuah foto saya dengan nama file Jarar Siahaan. Nanti setiap ada foto baru yang disimpan di komputer anda, Picasa akan bekerja secara otomatis untuk menemukan apakah ada wajah Jarar Siahaan pada foto-foto baru tersebut, sekalipun foto itu merupakan gambar sepuluh orang yang berfoto bersama Jarar Siahaan. Selanjutnya, dengan hanya mengetikkan kata “jarar siahaan” pada kotak pencari Picasa, maka semua foto Jarar Siahaan akan muncul. Dengan demikian, menamai foto seseorang cukup hanya sekali.
7. Google Earth. Saking canggihnya, software online ini sering dipakai penjahat, seperti pencuri atau bahkan teroris. Setelah dipasang ke komputer, anda harus tersambung ke Internet untuk bisa melihat peta dunia secara tiga dimensi. Sudut pandangnya adalah dari satelit di luar angkasa. Anda bisa men-zoom teropong Google Earth ke sebuah negara, kemudian pilih kota tertentu, lalu jalan apa saja, bahkan gedung dan gang-gang kecil. Hampir semua sudut sebuah negara bisa dilihat.
8. Feedburner. Ini adalah tool favorit kalangan blogger seperti saya. Layanan Google Feedburner akan membantu blogger untuk mengirim secara otomatis tulisan-tulisan terbarunya kepada pembaca yang telah mendaftar gratis via email atau menggunakan aplikasi pembaca RSS.
Kalau anda ingin menerima tulisan terbaru saya di email anda setiap hari, silakan klik untuk mendaftar gratis via Feedburner Fakta-unix.blogspot.com.com.
9. Google Translate. Di situs ini anda bisa menerjemahkan naskah anda ke berbagai bahasa dunia, termasuk dari dan ke bahasa Indonesia. Layanan terjemahan gratis dari Google.
10. Google Gadget. Kalau anda memiliki situs, berbentuk website maupun weblog (blog), ada 220 ribu lebih perangkat gadget gratis yang bisa anda pilih untuk dipasangkan di halaman situs anda. Seperti permainan game, widget berita-berita terbaru dari situs media pers dunia, pengecek harga emas dan bursa saham, dll.
11. Blogspot (atau Blogger). Di situs blog gratis milik Google ini anda bisa membuat weblog anda sendiri. Secara pribadi saya merekomendasikan anda membuat blog gratis di wordpress.com, karena fitur WordPress lebih canggih. Belajar blogging di situs gratis wordpress.com adalah salah satu cara efektif sebelum anda memutuskan untuk menjadi blogger profesional dan hendak beralih ke server berbayar.
12. Android (mobile operating system). Inilah otak-mesin yang populer dipakai pada perangkat gadget seperti komputer mini berlayar sentuh.
Klik untuk melihat contoh: Lima komputer tablet terbaik dan murah.
13. Orkut. Jejaring sosial milik Google. Jauh sebelum munculnya Facebook dan Twitter, Google telah lebih dulu membuat situs sosial bernama Orkut, tepatnya sejak Januari 2004. Jumlah pengguna Orkut hingga tahun 2011 tercatat lebih dari 100 juta orang, lebih sedikit daripada Facebook atau Twitter. Orkut terbanyak dipakai di Brazil dan India.
14. Google Blog Search. Mesin pencari khusus situs blog. Kurang populer, karena pengguna Internet juga bisa menemukan artikel blog lewat mesin pencari Google.
15. Google Wallet. Sistem pembayaran belanja online dengan menggunakan handphone, bekerja sama dengan Citi Master Card.
16. Webmaster Tools. Layanan gratis yang sangat bagus dari Google. Pengelola website dan blogger menggunakan Webmaster Tools untuk melihat data statistik mengenai situs mereka. Misalnya berapa jumlah pengunjung dan dari kota mana, tulisan apa yang paling banyak dibaca, kata apa yang diketikkan di mesin pencari untuk menemukan situs tersebut, jenis browser apa yang dipakai pengunjung, dll.
17. Google Analytics. Ini juga sering dipakai pengelola situs untuk menganalisa keywords (kata-kata kunci). Juga berguna bagi pemasang iklan.
18. Google Toolbar. Fitur gratis yang bisa dipasang pada software browser seperti Firefox, Safari, Chrome, Opera, dan Internet Explorer.
Catatan: Jangan pernah memakai Internet Explorer untuk mengakses situs-situs, kecuali anda rela komputer anda terkena masalah.
19. Google Alerts. Fasilitas online di mana Google akan mengirim email kepada anda bila ada tulisan terbaru di Internet yang berkaitan dengan nama anda, berita tertentu, atau topik apa pun yang anda tentukan di Google Alerts.
20. Google News. Situs pengumpul berita-terbaru dari media pers seluruh dunia. Google News hanya memuat judul dan satu-dua kalimat awal berita tersebut, dan jika diklik, maka kita akan dibawa ke situs media bersangkutan.
21. Music Beta. Layanan baru dari Google. Pengguna bisa mengunggah koleksi musiknya untuk diakses dari mana saja.
22. Google Reader. Software online untuk membaca konten terbaru dari situs-situs favorit anda melalui sindikasi RSS.
23. Google Desktop. Software gratis yang bisa diinstall ke komputer. Fungsinya untuk mencari file di komputer anda semudah mencari konten di Internet lewat mesin Google Search.
24. Adsense. Perusahaan periklanan milik Google yang menawarkan kerja sama dengan pengelola situs-situs untuk menampilkan iklan-iklan di situs mereka. Google membagi penghasilan iklannya dengan pemilik situs.
25. Adwords. Inilah yang membuat Google Inc. kaya-raya. Adwords menerima iklan online dari seluruh dunia untuk ditampilkan di halaman mesin pencari dan juga pada ratusan juta website dan weblog yang bekerja sama dengan Google lewat Adsense.
26. Double Click. Sama seperti Adwords. Pada tahun 2007 Google membeli perusahaan iklan Double Click seharga $3,1 miliar secara tunai.
27. Google Chrome (operating system). Software sistem-komputer gratis yang diciptakan Google. Dibuat untuk kelak mengalahkan sistem Windows yang berbayar.
28. Google Books. Terdapat jutaan buku untuk dibaca secara gratis, termasuk buku-buku tua. Kalau pihak penerbit atau penulis buku telah memberikan izin kepada Google, maka versi PDF buku dapat diunduh secara gratis oleh publik. Jika buku masih terikat hak cipta, maka hanya sebagian teksnya yang bisa dibaca, dan tidak dapat diunduh.
29. Picnik. Software online untuk mengolah foto. Anda dapat secara gratis mengunggah foto-foto ke Picnik, lalu mengeditnya di sana dengan efek-efek yang mudah diterapkan.
30. Google Buzz. Layanan situs sosial seperti Twitter. Dipakai secara terintegrasi dengan akun Gmail.
31. Picasa Web Albums. Tempat penyimpanan foto-foto di Internet, juga diberikan gratis.
32. Google Gears. Software tambahan gratis yang bisa dipasang pada browser Firefox. Dipakai oleh pengelola situs dan blogger untuk menata aplikasi webnya.
33. Google Docs. Situs untuk berbagi file.
Updated 11 Juli 2011:
34. Google+. Produk baru GPlus atau G+. Situs pertemanan Google Plus baru saja diluncurkan. Disebut-sebut akan bisa menyaingi Facebook. Sampai 11 Juli 2011, pendaftaran GPlus masih terbatas lewat undangan email.
Baca artikel mengenai cara mendaftar Google Plus.
Mesin pencari terbaik di Internet sampai saat ini adalah Google,Big G alias si G Besar, walaupun mesin pencari Yahoo Searchmuncul lebih awal empat tahun.
Sebagian besar item sejarah Google di atas saya sarikan dari Wikipedia, kamus ilmu pengetahuan online terbaik, terlengkap, dan gratis. © Jarar Siahaan Dotcom, Balige, Juni 2011.
Anda boleh mengutip dengan membuat tautan-balik ke halaman ini. Atau membagikannya lewat Facebook anda, klik logo Facebook (F) di bawah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments