Popular posts

Labels

tt On Selasa, 20 Maret 2012

5 Tempat Menghabiskan Libur Panjang Nyepi di Pulau Jawa - tidak terasa waktu begitu cepat berlalu tepatnya tanggal 23 menjadi sebuah hari besar yaitu Hari Nyepi.   Berbagai pilihan tempat liburan tentu sudah masuk daftar pilihan Anda. Berikut 5 tempat di Pulau Jawa yang bisa jadi alternatif libur akhir pekan kali ini.

Ada banyak wilayah yang bisa Anda jelajahi di Jawa saat liburan kali ini. Masing-masing tempat memiliki keunggulan tersendiri yang tentu akan memanjakan siapa saja yang ke sana.
Berikut ini 5 Tempat Menghabiskan Libur Panjang Nyepi di Pulau Jawa yang akan dijadikan pusat pengunjung dari berbagai negara maupun untuk warga lokal untuk mengisi acara Nyepi ini!



1. Bandung, Jawa Barat
Udaranya yang dingin membuat Bandung kota tepat untuk melakukan wisata kuliner. Pengunjung bisa berburu kuliner di Jalan Ir. H. Djuanda (sering disebut Dago) sambil belanja di Factory Outlet yang berderet di sana. Ingin coba yang lain? Berkunjunglah ke Situ Patenggang atau Ciwidey. Pemandangan alam yang indah tentu akan membuat liburan Anda makin asyik. 


Makin hari, perkembangan Kota Kembang ini semakin pesat. Namun jangan kuatir, tata kota di Bandung masih apik dan rapi. Tidak ada macet berlebih karena ada sistem pengalihan jalan yang membuat lalu lintas tetap berjalan lancar.






2. Jepara, Jawa Tengah
Kota kelahiran R.A Kartini ini memiliki surga bahari yang sudah terkenal di kalangan pecinta wisata air. Di sini ada Taman Nasional Karimunjawa yang sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.


Tidak hanya itu, di kota ini juga terdapat Pantai Kartini yang memiliki Taman Kura-Kura. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pantai sambil mengintip lebih dekat kehidupan kura-kura. Salah satu pulau cantik yang siap dijelajahi di Kepulauan Karimunjawa adalah Pulau Panjang. Keindahan pulau ini hampir menyamai Karimunjawa, namun belum banyak yang mengenal tempat ini.






3. Yogyakarta, DI Yogyakarta
Tidak perlu pikir panjang untuk berlibur ke kota yang satu ini. Yogyakarta memiliki segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi. Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan kaki Gunung Merapi jadi beberapa wisata andalan Kota Pelajar ini. Malioboro pun menjadi gudang kuliner dan belanja yang tidak pernah mati.


Ingin bermain di alam? Yogya memiliki puluhan pantai cantik nan bersih yang berjejer di Gunungkidul. Sundak, Ngandong dan Baron adalah beberapa pantai yang terkenal di sana. Airnya yang bersih dan tempatnya yang belum terlalu ramai jadi daya tarik sendiri di daerah ini.






4. Malang, Jawa Timur
Akhir-akhir ini, Malang sedang terkenal dengan Jatim Park dan Pulau Sempu. Di Jatim Park, pengunjung bisa bermain puas di berbagai wahana seru dan menarik. Selain Jatim Park, Taman Bunga Selecta juga bisa jadi alternatif liburan. Di sana terdapat taman bunga yang cantik dan arena bermain air bagi anak-anak. 


Sedangkan di Pulau Sempu, pengunjung bisa menikmati laguna yang tidak kalah indah dengan Phuket, Thailand. Meski Sempu masuk kawasan Cagar Alam, Dinas Perhutanan di sana tidak melarang pengunjung yang ingin melihat Sempu lebih dekat. Namun pengunjung harus menjaga kebersihan daerah ini. 






5. Banyuwangi, Jawa Timur
Kawah Ijen adalah sebuah kawah indah di timur Pulau Jawa. Ada cara untuk memaksimalkan keindahan pemandangan di kawah ini, yaitu dengan datang pada pukul 02.00 WIB. Pada jam tersebut, bagian bawah kawahnya akan bersinar, seperti ada lampu di bawah airnya. Warnanya yang hijau kebiruan akan menghipnotis siapa pun yang melihatnya.


Selain Kawah Ijen, Banyuwangi juga memiliki Taman Nasional Baluran yang dikenal sebagai Afrika van Java. Menginaplah di bungalow yang ada di sana dan rasakan tinggal di tengah kehidupan satwa liar. Jangan kaget jika melihat burung merak dan rusa mondar mandir di depan bungalow!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments