Popular posts

Labels

tt On Senin, 26 Maret 2012


Masyarakat diminta agar tak khawatir dengan serangan serangga Tomcat. Pakar hama dan penyakit tumbuhan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Suputa, mengungkapkan, menghalau serangga Tomcat sebaiknya dilakukan dengan tiupan atau kertas. 

"Petani sebenarnya sudah 'familiar' dengan Tomcat dan tidak pernah ada masalah karena tidak memukulnya. Serangga itu tidak merugikan, tetapi justru membantu petani dalam mengendalikan hama wereng," katanya.

Ia mengatakan, Tomcat memiliki ciri tubuh memanjang berukuran sekitar satu sentimeter, kepala berwarna hitam, sedangkan dada dan perut berwarna oranye. Hewan itu memiliki dua pasang sayap yang tidak menutupi seluruh abdomen.

"Untuk pengendalian Tomcat bisa dilakukan dengan menggunakan jebakan lampu. Jika sudah banyak yang tertangkap selanjutnya dilepas di sawah atau kebun untuk penyeimbang alam,' katanya.

Menurut dia, jika Tomcat sudah tertangkap jangan langsung dibunuh, tetapi sebaiknya dilepas di alam untuk penyeimbang lingkungan. "Namun, jika populasinya besar bisa dilakukan penyemprotan dengan insektisida botani berbahan tumbuhan," kata Suputa.
Sumber: antara 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments