Popular posts

Labels

tt On Senin, 19 Maret 2012

Etika Dalam Dunia Maya - Ber-etika dalam dunia maya emang sangat penting tidak hanya ber-etika di dunia real (nyata) karena etika dimana saja kita berada maka disitu kita harus bersikpa etika. Disini saya ingin memberikan sebuah artikel mengenai Etika Dalam Dunia Maya. Baca ya !!


Facebook dan Twitter? Siapa yang tak mengenalnya? Facebook dan Twitter merupakan jejaring sosial yang paling digemari saat ini. Tidak hanya remaja tapi hampir semua orang. Memiliki akun pada jejaring sosial tersebut memang tidak masalah, selama semuanya dipergunakan dengan baik dan benar oleh si pengguna.

Namun, walupun kita sudah menggunakan akun pada jejaring sosial tersebut dengan baik dan benar, kadang juga kita sering terkena masalah akibat penggunaan jejaring sosial. Hal ini tidak hanya pada jejaring sosial. Forum-forum internet seperti Indowebster serta Kaskus, chatting, e-mail (lebih sering pada maillist) bahkan blog, juga sering terjadi permasalahan yang didasari pada isi posting (tulisan, foto, video) dari pengguna. Penyebab utama dari permasalahan yang sering kita temui antara lain akibat kurangnya etika pengguna akun dalam dunia maya, baik dari diri sendiri maupun orang lain.

Tata krama dan kesopanan tidak hanya berlaku di dunia nyata, dunia maya juga memerlukan kesadaran dan perilaku sopan yang sama. Berikut ini beberapa langkah yang sebaiknya dipatuhi di dunia maya saat berkomunikasi dengan orang:


Tidak membuang waktu.
Rata-rata pengguna facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu, jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer. Seringkali pengguna akun tidak menghiraukan interaksi sosial di lingkungan sekitar karena terlalu sibuk di dunia maya. Yang perlu diingat bahwa dalam berkomunikasi, dunia maya digunakan untuk menghilangkan batas ruang dan waktu, bukan membuang waktu serta membuat batas terhadap orang lain.
Membuat posting/komentar yang tidak membuat masalah.
Hati-hatilah dalam menulis posting pada blog, komentar pada facebook atau saatchatting. Kata-kata yang kasar, menyinggung atau konyol dapat menyebabkan masalah di dunia maya. Sering dijumpai perseteruan antara pengguna akun di dunia maya akibat sebuah posting/komentar. Kadang apa yang menurut kita sepele belum tentu sepele oleh pengguna lain, hali ini bisa saja dijadikan senjata bagi lawan komunikasi kita untuk melawan. Jika mendiskusikan sesuatu, usahakan jangan Out Of Topic (OOT).
Hindari penggunakan kata yang tidak pantas seperti berbau SARA atau sex.
Jangan terlalu gampang mencurahkan isi hati. Dalam hal ini, yang sering terlihat yaitu pada status facebook. Pada beberapa kasus, hubungan kekerabatan juga bisa hancur karena pengguna terlalu apa adanya menuliskan isi hati di dunia maya, dan itu sering terjadi. Meskipun si pemakai berniat untuk menyelesaikan masalahnya, tapi dia akan menambah masalahnya. Lebih baik kalau mau mencurahkan isi hati, sebaiknya pada orang yang kita percayai. Seperti sahabat, guru, atau orangtua, karena lebih mudah memecahkan masalah daripada di status.
Menggunakan foto/gambar dengan bijaksana.
Yang namanya dunia maya, orang bisa melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa meng-edit foto sedemikian rupa yang berbau negatif dan menyebarkannya ke forum atau milis. Hal ini bisa merusak nama yang terlibat akibat penyalah-gunaan foto tersebut. Belum lagi foto dapat memicu keributan, atau foto-foto dengan konten porno yang sering dijumpai di dunia maya.
Memanipulasi foto pada sebuah akun juga kurang disenangi oleh pengguna akun yang lain. Manipulasi di sini berkaitan dengan makna dari foto. Banyak foto yang mengumbar sifat palsu. Misalnya saja, seseorang di dunia nyata adalah orang yang buruk, tetapi foto yang ditampilkan pura-pura baik dan lugu. Atau wanita yang sebenarnya manis memajang foto yang terkesan seksi. Pengguna akun di dunia maya cukup sensitif untuk bisa menilai sifat seseorang dari foto yang dipajang.
Tidak sembarangan memberi informasi pribadi.
Banyak orang tidak menyadari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, taruhlah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi pada sebuah akun. Ingatlah bahwa semua orang di dunia maya dapat mengakses akun tersebut.
Apabila ingin informasi yang tertera aman dari orang-orang asing, aturlah hanya orang yang dikenal saja yang bisa mengakses informasi tersebut. Contoh buruk misalnya: Ada orang yang tidak suka dengan salah satu pengguna akun di dunia maya, orang tersebut pasti selalu mencari cari celah untuk menghancurkan akun tersebut (hack), atau menyebarkan informasi buruk melalui dunia maya (hoax).
Jangan mengganggu pengguna lain.
Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia maya. Tanpa disadari, orang yang diterima menjadi teman bisa menjadi pengganggu. Oleh karena itu jangan sungkan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Ingatlah tujuan utama menambah pertemanan adalah untuk menjalin hubungan baik. Hindari perselisihan baik dengan orang yang dikenal atau tak dikenal di dunia maya.
Jangan menggunakan akun/info palsu.
Siapa sih yang tak pernah melihat ini? Membuat akun dengan nama baru, mengambil foto secara random di internet, memberi info palsu, lalu meminta jalinan pertemanan pada akun lain. Hal ini tentu menjengkelkan. Akun palsu sering digunakan untuk memata-matai/menipu seseorang. Tidak bisakah kita tetap bersikap wajar?
Memanusiakan pengguna lain.
Ucapkanlah terima kasih pada pengguna lain sebagai penghargaan terhadap karya (posting, komentar, informasi maupun upload file). Biasakan meminta maaf jika kita membuat masalah atau merepotkan pengguna lain. Jika meminta pertolongan seperti berbagi informasi/file, ucapkanlah tolong. Karena semua orang di dunia maya adalah sama, tidak ada bos ataupun majikan. Yang ada hanya Admin, Moderator, dan User.
Tidak mengirim Spam, Junk, Virus/Trojan.
Kalau yang satu ini jelas merugikan. Jika pengguna membuka file yang berisi Virus/Trojan, tentu akan merusak sistem komputer. Niat ingin donwload sebuah lagu, ternyata komputer yang digunakan malah rusak. Tentu sangat menjengkelkan.
Sedangkan Spam yang dimaksud di sini bisa seperti komentar-komentar tak berguna (OOT, tidak sesuai dengan aturan forum/web yang berkaitan). Spam bisa berupa sebuah posting atau pesan berantai yang tentu akan merepotkan si pengguna.
Junk yang ada di dunia maya biasanya dihubungkan dengan posting info/file yang tak berguna, seperti memasang iklan pada sebuah posting/komentar, atau memberi link situs yang diharapkan oleh pengguna lain. Padahal kalau mau bersosialisasi kan bisa buat blog sendiri yang berisi info yang ingin diberikan ke pengguna lain.
Jadi jagalah etika dalam dunia maya, karena secara tidak langsung apa yang kita perbuat di dunia maya merupakan tingkah laku kita dari alam bawah sadar kita. Kalau bisa sopan pada orang lain di dunia maya, apalagi di dunia nyata. Mengapa tidak mulai mencobanya hari ini?

Itulah beberapa catatan kecil dari saya. Saya minta maaf jika ada salah dalam penulisan dan terima kasih pada teman-teman yang sudah membaca bahkan berkomentar. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments