Popular posts

Labels

tt On Selasa, 20 Maret 2012

Inilah Akuarium Terbesar di Dunia - Anda sudah pernah melangkah di dalam sebuah tabung raksasa yang berada di kedalaman laut yang luas? pasti anda belum pernah.. saya juga belom pernah! hehe. Atlanta, Georgia, AS memiliki akuarium sebesar di dunia. Georgia Aquarium yang mampu menampung 31.450 ribu liter air ini berisi lebih dari 100.000 hewan laut. Saking besarnya, Georgia Aquarium juga jadi rumah bagi ikan hiu paus!


Akuarium seluas 32.000 meter kubik ini menjadi rumah dari 500 spesies laut. Bangunannya yang seperti kapal laut ini terdiri 6 bagian. Dua bagian yang terbesar adalah display kaca selebar 18,3 meter dengan tinggi 6,9 meter, serta lorong kaca sepanjang 30 meter yang membuat para wisatawan seperti berjalan di bawah air.
Inilah Akuarium Terbesar di Dunia Unik isinya
Sebagai akuarium terbesar di dunia, Akuarium ini juga jadi rumah bagi Raplh, Norton, Alice dan Trixie, 4 hiu paus yang berasal dari Taiwan. Namun pada tahun 2007, Ralph dan Norton mati, jadi tinggal Alice dan Trixie yang ada di sini. Georgia Aquarium merupakan satu-satunya akuarium di luar Asia yang memelihara ikan hiu paus.

Selain hiu paus, di sini juga terdapat hiu martil, 11 ekor paus beluga dan ikan pari raksasa yaitu manta ray. Dua paus beluga yang terkenal di sini bernama Nico dan Gasper yang didatangkan dari Meksiko. Sedangkan manta ray yang terkenal bernama Nandi, ia menjadi manta ray pertama yang berada di akuarium raksasa ini.

Georgia Aquarium terbagi menjadi 6 bagian yaitu Georgia Explorer, Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold Water Quest, River Scout dan Dolphin Tales. Setiap bagian tersebut memiliki kekhasannya masing-masing. Bagian pertama adalah Georgia Explorer, kolam besar yang berisi ikan hiu dan manta ray.

Di River Scout, wisatawan bisa melihat ikan-ikan yang berasal dari Amerika Utara seperti piranha dan belut listrik. Sesuai dengan namanya, Dolphin Tales merupakan rumah bagi 11 ikan lumba-lumba botol. Para wisatawan bisa menonton pertunjukan lumba-lumba selama 30 menit yang diadakan 3 kali sehari.


Paus beluga, kepiting laba-laba Jepang dan penguin kaki hitam dari Afrika tinggal di Cold Water Quest. Inilah tempat spesies mamalia yang paling banyak dibanding dengan kolam lainnya. Setelah itu siap-siaplah menikmati keindahan di Ocean Voyager, tempat tinggal 100.000 ikan yang bersarang di karang-karang nan indah. Di sini juga terdapat jendela kaca megabesar dan terowongan bawah laut sepanjang 30 meter.

Bagian terakhir adalah Tropical Diver yang berisi ikan-ikan dari Indo-Pasifik. Di sini terdapat karang-karang yang dihuni lebih dari 90 spesies ikan. Kuda laut, belut laut, ubur-ubur, ikan badut, udang dan lobster turut menambah keindahan pemandangan di Tropical Diver. Dengan US$ 39,50 (Rp 361.000) untuk dewasa dan US$ 29,50 (Rp 270.000) untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati akuarium spektakuler ini. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments