Popular posts

Labels

tt On Senin, 21 Mei 2012

Perkembangan akuntansi sejalan dengan perkembangan dunia usaha yang semakin berkembang ditengah-tengah dunia usaha yang kian hari kian menuju era modernisasi. Para pengusaha atau pedagang akan selalu membandingkan jumlah harta yang dimiliki saat memulai usaha dan harta yang dimiliki saat usaha sudah berjalan secara periodik.

Pada abad ke-14, para pedagang dari Genoa mulai mengadakan pencatatan secara sederhana. Namun setelah terbitnya buku berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica, Pro Portioni et Proportionality dari Lucas Paciolo, pada tahun 1949 pembukuan mulai dilakukan secara sitematis dengan menggunakan sistem perpasangan dan sistem pembukuan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Akuntansi (Accounting).

Pengertian Akuntansi

Menurut American Accounting Association (AAA), Accounting is the process of identifying, measuring, and communicating economic information to permit information judgment and decision by users of the information. Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Sedangkan menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), Accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and terms of money, transaction and events which are, in part at least, of finacial character, and interpreting the result there ofAkuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya.

Berdasarkan kedua defenisi akuntansi diatas, dapat disimpulkan pengertian akuntansi sebagai berikut:

  • Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, dan pelaporan informasi ekonomi keuangan.
  • Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna untuk penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang memerlukan
Setelah mengenal secara jelas defenisi Akuntansi menurut AAA dan AICPA, pelajari pula materi tentang siklus akuntansi yang menguraikan perbedaan antara siklus akuntansi perusahaan dagang dan siklus akuntansi perusahaan jasa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments