Popular posts

Labels

tt On Rabu, 07 Maret 2012


Walaupun tidak memiliki warna yang menarik, tapi si mungil ini mampu memberikan reputasi yang memukau di depan mata para ahli diet. Para peneliti dari Tuft University menemukan jamur ternyata dapat menangkis segala virus dan kanker pada tikus, dengan meningkatkan aktivitas sel pembunuh dalam sistem kekebalan tubuhnya.
Peneliti menemukan senyawa bioaktif dalam jamur diduga punya peran sebagai antioksidan yang siap membunuh penyakit akibat radikal bebas. Beberapa jenis jamur yang diuji telah membuktikan hal ini. Contohnya, jamur tiran reishi dan shiitake yang mampu menekan laju kanker dan mematikannya.
Seperti dirilis RodaleNews, penelitian lanjutan terhadap jamur ini perlu dilakukan untuk melihat kombinasi terbaik dan komposisi yang tepat dalam melawan penyakit. Karena, pada ekstrak jamur yang diresepkan selama ini, menunjukkan perkembangan yang baik dari pasien yang mengonsumsinya.
Sebuah uji yang dilakukan pada obat yang berisi ekstrak berbagai senyawa jamur menunjukkan, terjadi penghentian penyebaran sel kanker payudara dan sel kanker prostat.
Sementara itu, kandungan AHCC (active hexose correlated compound) yang berasal dari jamur shiitake bisa dipakai untuk mengurangi efek samping kemoterapi. Selain itu, senyawa ini bermanfaat pula untuk mengusir virus flu. Dengan demikian, jamur berpeluang besar menjadi obat herbal yang bisa dipertanggungjawabkan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments